Kamis, 22 Februari 2018


Tata Kelola Teknologi Informasi

1. Mengapa perlunya Tata kelola Informasi?
a. Ketergantungan Organisasi pada informasi dan pengetahuan yang semakin meningkat.
Seiring berkembangnya informasi dan pengetahuan semakin meningkat mendorong suatu perusahaan atau organisasi untuk mempelajari tata kelola dan menerapkannya pada perusahaan atau organisasi tersebut. Contoh : Dengan adanya informasi dan pengetahuan yang semakin meningkat kini pembelian tiket pesawat, kereta dan cek in pada hotel hanya perlu tersambung dengan internet maka sudah bisa memesan tiket atau cek in, jadi tidak perlu lagi datang langsung ke perusahaan tersebut.
b. Peningkatan Peran TI.
Dengan adanya TI dapat membantu atau mengantikan peran manusia sehingga lebih efektif lagi dalam mengambil dan menentukan keputusan bagi perusahaan atau organisasi. Contoh : KRS pada UNDA, memberikan keputusan bagi dosen dengan ketentuan tertentu, seperti menyusun KRS ingin mengambil SKS lebih maka harus dengan ketentuan yang berlaku.
c. TI sebagai senjata bersaing yang ampuh. TI mampu menciptakan aplikasi- aplikasi yang beguna bagi suatu perusahaan atau organisasi hingga menjadi senjata yang ampuh handal bagi perusahaan tersebut dengan memberikan kelebihan- kelebihan bagi para penggunanya dari pada perusahaan lain yang memiliki aplikasi yang standar saja. Contoh : Dengan adanya fitur soal pertanya yang dijawab dengan waktu tertentu pada Edmodo membuatnya lebih digunakan dari pada elerning, karena dengan adanya waktu pengerjaan soal tertentu tersebut dapat dengan cepat mengetahui siapa saja mahasiswa yang tidak mengerjakan soal dan siapa saja yang terlambat mengerjakan soal, sehingga Edmodo merupakan senjata yang ampuh bagi perusahaan yang membuatnya dalam pesaingannya.

2. Apa itu Tata Kelola Informasi?
a. Tanggung Jawab Bersama. Dimana semua lapisan elemen- elemen yang terdapat pada perusahaan atau organisasi harus besama- sama bertanggung jawab mengenai apa saja yang terjadi pada TI informasi, di diskusikan hingga dapat diatasi permasalahannya.
b. Strategi TI untuk mendukung tujuan Organisasi. TI harus mampu mendukung dan pendukung bagi suatu perusahaan atau organisasi, dengan adanya E- learning sudah mendukung aktifitas kampus dalam KRS dan pembelajaran.
c. Implementasi Strategi TI. Strategi atau rencana TI dipastikan harus terimplementasi dengan baik pada suatu perusahaan atau organisasi. Seperti E- lerning yang terimplementasi pada UNDA.
d. Struktur Organisasi TI. Susunan atau urutan yang harus dilakukan pada TI harus sesuai.
e. Kejelasan pada struktur organisasi, apa saja yang harus dilakukan terlebih dahu strategi atau langkah apa yang pertama kali harus diambil.

3. TI adalah :
a. Mengarahkan (direct) TI mampu mengarahkan apa langkah yang harus dilakukan untuk mewujudkan tujuan perusahaan.
b. Mengukur (measure) TI dapat menjadi alat ukur kesuksesan dan keberhasilan suatu perusahaan atau organisasi dalam persaingan hingga TI tesebut berkembang.
c. Mengevaluasi (evaluate) TI dapat menjadi alat untuk megevaluasi sejauh mana perusahaan atau organisasi tersebut mengalami perkembangannya.
d. Sumber daya TI. Sumber daya TI diperlukan untuk mendukung pencapaian dan tujuan perusahaan atau organisasi.

4. Sumber Daya TI :
a. Uang/ Modal : Sangat diperlukan apalagi bagi sebuah perusahaan atau organisasi untuk menjalankan TI, karena tanpa adanya Uang/ Modal TI tidak dapat menjalankna tujuan perusahaan (membeli hardware).
b. Perangkat Keras (Hardware) : Ini sangat diperlukan tanpa adanya  Hardware TI hanya nama saja tidak dapat menjanakan fungsinya.
c. Perangkat Lunak (Software) : Tanpa adanya Software hardware tidak dapat membuat aplikasi yang menjadi tujuan perusahaannya. Oleh sebab itu software sangat diperlukan.
d. Informasi : dengan adanya informasi maka perusahaan dapat membuat atau mengembangkan aplikasi sesuai dibutuhkan pengunanya atau pemakai.

5. Prinsip Tata Kelola



Tidak ada komentar:

Posting Komentar